Titik kemacetan pada musim mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini terdapat pergeseran dari Simpang Jomin di Jawa Barat menjadi ke Brebes, Jawa tengah. Kemacetan ini terjadi sampai berjam-jam di dekat pintu tol keluar Brebes Timur.

“Memang yang ke timur ada satu tempat saja yang masih ada dan sebelumnya sudah saya sampaikan kan dan perkiraan kita di situ (Brexit) nanti, dan benar,” ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi pun menjelaskan kalau hal tersebut telah diprediksi dan menjadi resiko dari terlambatnya pembangunan di era pemerintahan sebelumnya. Jokowi menyebutkan kalau nantinya semua jalan tol bakal tersambung, dengan begitu kemacetan seperti ini dapat terurai dengan baik.

“Keterlambatan membangun berhenti sampai 8 tahun berhenti, ada yang sampai 20 tahun, saya kira hal-hal seperti itu harus diselesaikan,” tegas Jokowi. Bukan hanya itu saja, kemacetan ini juga disebabkan oleh pembayaran tol yang memang hanya ada di satu tempat saja. Pada akhirnya, semua kendaraan akan menumpuk di satu pintu tol keluar terakhir.

Jokowi juga menjanjikan jika dalam dua tahun ke depan untuk pembangunan jalan tol yang terhubung di sepanjang pantai utara Pulau Jawa akan selesai. Sehingga untuk kemacetan seperti ini tidak akan ada lagi. “Nanti kalau itu sambung dari Batang ke Semarang, Semarang ke Solo, Solo ke Ngawi, Ngawi ke Kertosono, semua sambung yah akan lancar ya. Tapi memang problem seperti yang sudah sering saya sampaikan (adalah) pembebasan lahan,” jawab Jokowi.

Pintu keluar tol Brebes Timur menjadi titik paling macet terparah di mudik kali ini. Hal ini diketahui disebabkan oleh kendaraan dari jalur pantura dan jalan tol yang berebutan untuk bisa masuk ke jalur sempit.[tx]

Categories:

Leave a Reply