Jakarta – Kabar kemunculan mobil murah
Toyota Calya masih cukup menarik untuk diperbincangkan. Pasalnya ini
merupakan segmen baru (LCGC lima penumpang), yang nantinya bakal ikut
meramaikan pasar otomotif roda empat Tanah Air.
Menanggapi kabar tersebut, Aswan Amiruddin, Marketing Manager PT Hadji Kalla, main dealer
Toyota untuk wilayah Sulawesi, menceritakan antusiame konsumen akan
kehadiran Calya. Ini lantaran gaung berita "Calya" di media sosial,
sehingga membuat para konsumen yang kemungkinan berminat, bertanya di
diler-diler Toyota.
“Banyak yang menanyakan ke diler. Mereka menunggu kapan Calya launching.
Antusiasmenya positif dan responnya baik. Terkait kapan meluncur kami
belum diberitahu. Namun baiknya, beli saja produk yang ada sekarang
terlebih dahulu, yang nanti biarlah buat yang berikutnya (Calya),” ujar
Aswan kepada KompasOtomotif, Senin (27/6/2016).
Aswan melanjutkan, kehadiran Calya, diharapkan bisa mendorong
penjualan di Sulawesi. Meski sudah mengalami kenaikan dibanding tahun
lalu, namun masih di luar target yang ditetapkan.
“Semoga saja Calya bisa mem-boosting penjualan dan membuat market baru. Bisa jadi juga, Calya akan menyerap 20 persen dari Agya dan Avanza. Untuk saat ini, kami masih fokus mem-push penjualan produk eksisting,” ucap Aswan saat ditemui pada acara buka bersama komunitas Velozity di Sunter.
PT Hadji Kalla sendiri hanya menguasai pasar di empat provinsi
Sulawesi, seperti Sulawesi Tengah, Selatan, Barat dan Tenggara. “Dari
total penjualan Toyota Nasional, kami menyumbang 5 persen. Kemudian
terkait dengan ekpansi ke wilayah lain itu tergantung dari regulasi
Toyota Astra Motor," kata Aswan. [tx]
Categories:
Otomotif