Jakarta - Ketika memberi ucapan selamat kepada pasangan pengantin Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok punya cerita yang membuat ia terkesan hingga kini. Gibran, anak sulung Presiden Joko Widodo, menikahi Selvi yang berasal dari keluarga biasa, Kamis, 11 Juni 2015, di Solo, Jawa Tengah.
Waktu itu masa kampanye pemilihan gubernur Jakarta pada 2012. Jokowi maju sebagai calon gubernur dengan wakilnya, Ahok. Keluarga keduanya pun dipertemukan. Ketika menyalami Gibran, Ahok bertanya:

"Ini anak Pak Jokowi, ya?"

"Nama saya Gibran, bukan anak Jokowi."

Ahok sedetik bengong dengan jawaban tak terduga itu. Saat mengatakan 'bukan anak Jokowi', kata Basuki, wajah Gibran lempeng tanpa ekspresi. Ahok pun hanya membalas, "Oh, ya, ya, baiklah..." Kisah ini diceritakan ulang oleh Ahok, Jumat malam pekan lalu.
 
Di media sosial, Gibran memang digunjingkan karena dianggap tak ramah saban muncul di media massa. Ia menjawab seperlunya tanpa ekspresi. Sebetulnya, dalam pesta perkawinan itu ia tak ingin melibatkan Pasukan Pengamanan Presiden. Namun, Paspampres kemudian terlibat dalam pengamanan karena melekat secara protokoler pada Presiden.

Di pelaminan, Ahok mengenang, Gibran menyambutnya dengan tersenyum. Basuki ke acara kondangan didampingi istrinya, Veronica Tan. "Sekarang dia sudah kenal saya," kata Ahok.

Ketika menyalami Jokowi dan Ibu Negara Iriana, Ahok mengatakan, "Cepat punya cucu bisa jadi kakek-nenek." Jokowi tertawa lalu mengajaknya foto bersama. [tx]

Categories: